Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Setelah Sholat Istikharah dan Bacan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap

Bacaan Doa Sholat Istikharah - Sholat Istikharah ialah sholat yang dikerjakan oleh seorang muslim baik laki-laki maupun perempuan untuk meminta petunjuk kepada Allah Swt, dikarenakan sedang bingung diantara beberapa pilihan dan merasa ragu untuk memilih atau bingung untuk memutuskan sesuatu hal tersebut. Sholat Istikarah merupakan sholat sunnah dua rakaat.

اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ , وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ , وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ

Artinya: "Ya Allah, aku beristikharah (meminta pilihan) dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuatan dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon keutamaan-Mu. (H.R Bukhari)

Mengenai ukuran atau masalah yang dimaksud diatas tidak dibatasi ukurannya, bisa masalah memilih pekerjaan, jodoh maupun masalah yang lainya. Pada intinya sholat istikharah dilakukan pada saat seseorang sedang merasa bingung atau ragu  dalam suatu hal atau memilih sesuatu hal.

Tujuan mengerjakan sholat istikarah ialah kita memohon kepada Allah Swt, agar urusan kita diridhai dan dimudahkan jalan untuk urusan tersebut. jika urusan tersebut tidak baik, maka Allah Swt akan datangkan penghalang dan mencegah urusan tersebut sehingga kita tidak bisa menngerjakan urusan tersebut.

Nabi Muhammad Saw bersabda yang artinya" Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah Shalat sunah dua raka'at yang bukan sholat wajib, kemudian berdoalah meminta kepada Allah" (H.R Bukhari)

Sedangkan untuk waktu mengerjalan sholat Istikharah itu dilakukan kapan saja baik siang ataupun malam, akan tetapi waktu yang paling utama yaitu saat sepertiga malam setelah sholat Isya. karena dimalam hari kita bisa mengerjakan sholat Istikharah dengan Khusyu.

Cara mengerjakan sholat Istikharah sama seperti sholat pada umumnya. membaca niat sholat istikharah, membaca surat Al-Fatihah, setelah itu diutamakan membaca surat Al-Kafirun dan diraka'at yang kedua membaca surat Al-Fatihah kemudian membaca surat Al-Ikhlas. Kemudian setelah selesai mngerjakan sholat istikarah dilanjutkan dengan membaca dzikir dan wirid, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat Istikharah.

Berikut ini adalah doa setelah sholat istikharah lengkap dengan latin dan terjemahnya.

Bacaan Doa Setelah Sholat Itikharah

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ(...)خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Allaahumma inni astakhiiruka bi'ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal 'aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a'lamu wa anta 'allaamul guyuub.

Allaahumma in kunta ta'lamu anna haadzal amro (.....) khairul lii fii diinii wa ma'aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta'lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma'aasyii wa 'aaqibati amrii wa 'aajlihii fashrifhu 'annii wasrifnii 'anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.

Artinya :
"Ya Allah sesungguhnya aku memohon petunjuk dari ilmu-Mu, memohon kekuatan dari kekuasaan-Mu, dan memohon karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya aku tidak kuasa sedang Engkau kuasa, dan aku tidak mengetahui sedang Engkau Maha Mengetahui semua yang gaib.

Ya Allah jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini ( sebut keperluanya ) baik bagiku, agama dan kehidupanku, maka tetapkan dan mudahkanlah ia bagiku kemudian berkatilah aku, dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku, bagi agama dan kehidupanku serta akibat dari urusanku, baik untuk masa sekarang maupun untuk masa mendatang, maka hindarkanlah ia dariku dan hindarkanlah pula diriku darinya, dan tetapkanlah hal yang terbaik bagiku menurut semestinya, kemudian ridhailah aku."

Demikianlah mengenai bacaaan doa setelah sholat istikarah beserta latin dan artinya dan sedikit penjelasan mengenai sholat istikharah, semoga dengan mengerjakan sholat istikarah Allah memberikan kita yang terbaik dan menjauhkan kita dari hal hal yang buruk baik itu dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang. Aamiin
----------------------------------
Untuk memudahkan anda kami juga menyajikan bacaan
Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap Beserta Latin dan Artinya dalam artikel yang sama
Berikut dibawah ini:

bacaan
Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap Beserta Latin dan Artinya

Doa Sholat Hajat- Setiap manusia pasti memiliki hajat atau kebutuhan baik yang bersifat khusus pribadi maupun yang bersifat umum. namun terkadang hajat kita susah untuk terlaksana oleh karena itu kita di anjurkan untuk mengerjakan sholat hajat agar Allah Swt segera mengabulkan apa yang menjadi hajat kita.

Sholat Hajat ialah sholat sunnah yang dikerjakan untuk meminta kepada Allah Swt supaya yang menjadi hajat kita cepat dikabulkan oleh Allah. waktu mengerjakanya yang baik menurut para ulama yaitu setelah mengerjakan sholat Isya sampai menjelang sholat Shubuh. Untuk niat sholat hajat adalah sebagai berikut:

Niat Sholat Hajat
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
-----------------------
Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya:
"Aku niat shalat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Jumlah rakaat sholat Hajat dikerjakan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak tidak terbatas sesuai dengan kemampuan, dengan masing-masing dua rakaat dan satu salam. Untuk suratan yang dibaca Bisa saja setelah membaca surat Al-Fatihah kemudian membaca surat Al-Falaq, surat An-Nas. dan pada rakaat yang kedua setelah membaca surat Al-fatihah membaca surat Al-Ikhlas.



Setelah selesai mengerjakan sholat hajat alangkah baiknya membaca dzikir dan wirid terlebih dahulu sebelum membaca doa sholat hajat , Seperti membaca Istighfar 32 - 100  kali, membaca sholat nabi 32-100 kali, membaca tasbih 21-32 kali, membaca tahlil 21-32 kali. barulah setelah membca wirid dan dzikir membaca doa sholat hajat.

Berikut adalah doa sholat hajat lengkap dengan latin dan terjema.hnya

Bacan Doa Setelah Sholat Hajat


لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
------------------------------
Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil'arsyil-'adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin. As'aluka muujibaati rahmatika wa 'azaa'ima magfiratika wal -'ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada' lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

Artinya:
"Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan  rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang."

Itulah bacaan doa setelah sholat hajat lengkap dengan latin dan terjemahnya dan sedikit pembahasan mengenai sholat hajat, semoga dengan sholat hajat apa yang mennjadi hajat, keperluan, keinginan kita cepat di kabulkan oleh Allah Swt, dan sebagai tambahan sebaiknya sholat hajat tidak hanya di kerjakan dalam semalam saja tapi berulang-ulang agar hajat kita cepat terkabul. Aamiin.

Sekian dari saya, dan mohon maaf bila ada kesalahan kata atau tulisan . Jika ada kesalahan mohon beritahu kami dikolom komentar yang sudah kami sajikan dibawah ini.

Post a Comment for "Bacaan Doa Setelah Sholat Istikharah dan Bacan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap"