Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pertanda kampas kopling suzuki apv mulai aus


Pertanda kampas kopling apv sudah mulai aus.

Gejala tidak seperti kalo kampas kopling habis, karena tenaga tetap tidak berkurang namun injakan kopling memang sudah berat, dan keluhan lain saat stasioner ada bunyi, saat kopling diinjak bunyi hilang.

Pertama datang diberes diminta siapin dana 3 jeti (harga di kaltim), akhirnya mundur teratur cari altenatif lain yaitu beli kopling set sendiri yang Ori dan cari bengkel biasa yang mumpuni.
Cukup repot juga ganti kopling si Bantet,

Pertama body mobil dipasang stand jack pada keempat roda, sehingga kolong mobil menjadi lapang. Lepas cross join belakang, lepas gearbox, turunkan gearbox nggak perlu dikeluarkan dari kolong, cukup taruh saja di bawah kolong.

Lepas Dekrup/Matahari, ternyata pilot bearing sudah rusak parah, lepas flywheel ganti pilot bearing (sudah termasuk dalam kopling set)
Check kondisi kopling memang sudah aus kira-kira tinggal 3-4 mm
Kondisi Matahari nggak begitu tahu, bearing dekrup kering dan kotor,
Lama pengerjaan kurleb 2 jam.

Setelah selesai..... mantap injakan kopling ringan bingit bak mobil baru..
Tenaga tersalur lebih smooth dan terasa tenaganya..

Ternyata Kopling Set Suzuki APV bikinan Valeo, dengan bearing dekrup NTN dan pilot bearing Koyo

Mulai dari  0 km sampai dengan  100.000 km dibagian kampas kopling  mobil APV secara normal tidak pernah ada masalah, akan tetapi karena pemakian sedikit demi sedikit perpindahan gigi mulai berat dan  pedal kopling jadi semakin berat, ini menandakan bahwa  kampas kopling dan semua penunjangnya mengalami keausan, keausan semakin dipercepat dengan kesalahan yang biasa anya dilakukan pengemudi adalah meletakan kaki pada pedal kopling selama mengemudi. Keausan kampas kopling yang mengakibatkan tenaga mesin tidak tersalur dengan baik, ini biasanya disertai dengan keauasan pada dreglaher laher yang mendorong kampas kopling.

Pada kilometer lebih 100.000 km  bisanaya kampas kopling sudah mulai rusak dan aus. Kerusakan bisanya ditandai dengan timbulnya suara suara berisik ketika pedal kopling ditekan, bunyi seperti ini disebabkan karena dreglaher  yang mendorong kampas kopling sudah aus sehingga ketika pedal kopling ditekan akan menimbulkan decitan.

Bunyi berisik di bagian ini disebakan juga disebabkan juga oleh per yang sudah kehilangan daya tekan, tetapi dapat juga per kampas kopling yang menggesek onderdil lain karena disebabkan kampas kopling APV semakin tipis.

Jangan biarkan suara-suara aneh tersebut berlanjut karena apabila dibiarakan keausan akan menjalar ke mana-mana sehingga biaya perbaikannya menjadi sangat tinggi karena banyak sekali onderdil yang harus diganti.

Untuk untuk memperbaiki kampas kopling biasanya bengkel resmi akan menyarankan pergantian 1 set kampas kopling beserta onderdil penunjangnya yang keseluruhan harganya  onderdil beserta ongkos kerjannya dapat mencapai RP  2 juta.

Pada kenyataanya pengantian kampas kopling APV  tidak harus satu set, tergantung dari tingkat keausannya.  Apabila masih dalam taraf keausan norma peralatan yang diganti hanyalah kampas kopling dan dreg laher saja sedangakan onderdil yang lain seperti plat mataharinya masih baik. Penggatian kampas kopling beserta dreglaher di bengakel non resmi dengan menggunakan kampas kopling original dan dreglahernya dan ongkos kerjanya menghabiskan dana RP 750.000.

Untuk keausan dreglaher, bengkel non resmi langanan begitu mesin dihidupkan langsung menerangkan bahwa kerusakan ada pada dreglaher dan mengatakan bahwa sudah menjadi ciri APV adalah  dreglaher yang cepat aus karena  bola-bola baja yang ada didaklam derg laher  dirangkai dengan plastik, akan tetapi lebih baik kampas kopling diganti sekalian karena dengan jarak tempuh yang lebih dari 100.000 km kamps kopling sudah pasti aus dan tipis.

Sumber:
https://suzukijogja.wordpress.com/2013/01/27/kampas-kopling-apv-sudah-mulai-aus/

1 comment for "Pertanda kampas kopling suzuki apv mulai aus"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete